Menjadi alumni Ar-risalah yang pertama kali menginjakkan kaki di sebuah kampus memang tidak mudah. Akan banyak pertanyaan muncul dari adek-adek kelas yang tertarik untuk mengikuti jejak langkah tentang seperti apa dunia kampus yang digeluti dan bagaimana prosedur pendaftarannya. Mungkin ini agak sedikit telat, tapi lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan?

So, let me begin~

IIUM (International Islamic University Malaysia) atau juga biasa disebut UIAM (Universiti Islam Antarbangsa Malaysia) membuka pendaftaran tiga kali dalam setahun. Berkas-berkas yang diminta diharuskan untuk sampai di kantor tujuan sebelum waktu yang sudah ditetapkan dibawah.

Intake/MasukDeadline Berkas
September1 Juni
Februari1 November
Juni1 Maret
Berikut langkah-langkah untuk mendaftar di IIUM:
  1. Buka link ini http://itdportal.iium.edu.my/anr/Online07/
  2. Pilih item “NEW APPLICATION” di bagian atas. Klik NEXT
  3. Isi formulir data pribadi elektronik di halaman yang tersedia, termasuk di dalamnya pilihan jurusan. Klik NEXT (ingat username dan password, karena diperlukan untuk cek kelulusan nantinya)
  4. Isi formulir biodata ayah/ibu atau orang yang akan menanggung (guardian) semua biaya perkuliahan. Klik NEXT
  5. Setelah itu,mengisi formulir akademik.
  6. Setelah mengisi formulir dengan lengkap, preview formulir yang diisi tadi akan keluar. Jika ada yang salah dan ingin diperbaiki, silahkan klik EDIT (di pojok kanan). Jika tidak, silahkan di PRINT (pojok kanan atas).
  7. Setelah di print, pada halaman (page) 3 kita diminta untuk menulis personal statement sebanyak 150 kata. Tulisan kita bisa berupa background keluarga, pendidikan atau apapun yang menjadi kelebihan kita agar bisa menjadi bahan pertimbangan bagi pihak kampus untuk menerima.
  8. Di halaman (page) 4, ada checklist yang bisa membantu untuk melihat berkas-berkas yang harus dipersiapkan. Jika semua berkas sudah terkumpul rapi, maka kita bisa memberi tanda 'v' pada halaman ini. Berkas-berkasnya berupa:
    • - Membayar biaya registrasi sebesar $100 ke nomor rekening universitas (dengan memperlihatkan bukti pembayaran dan jangan lupa difotokopi sebagai pegangan)
    • - Fotokopi ijazah dan transkrip yang dilegalisir masing-masing 3 lembar.
    • - Dua rangkap fotokopi passport semua halaman (passport minimal masih valid dalam 2 tahun).
    • - Empat lembar foto berwarna ukuran passport (4×6) foto bewarna,dianjurkan dengan latar biru.
    • - Surat keterangan dari bank dengan bentuk jumlah saldo orang tua dan pernyataan mampu membiayai kuliah atau surat pernyataan dari sponsor (Jangan lupa difotokopi sebagai pegangan kalau nanti diminta bukti).
  9. Lengkapi berkas-berkas ini,masukkan kedalam amplop dan kirimkan ke alamat ini:
    • ACADEMIC MANAGEMENT AND ADMISSION DIVISION INTERNATIONAL ISLAMIC UNIVERSITY MALAYSIA P.O. BOX 1050728 KUALA LUMPUR, MALAYSIA
  10. Tunggu offer latter (surat kelulusan) dari pihak kampus yang menandakan kita diterima di Universitas. Biasanya offer letter keluar setelah 2 mingg sampai 1 bulan setelah tanggal deadline. Offer letter bisa dilihat di link berikut http://albiruni.iium.edu.my/myapps/anr/Online07/online.php
  11. Setelah diterima, print offer latter dan admision book.
  12. Urus visa pelajar di Kedubes Malaysia di Jakarta dengan membawa offer letter tadi.
  13. Lengkapi semua berkas yang tertulis di offer letter seperti slip pembayaran kuliah, surat keterangan sehat, dan tes bahasa. Untuk slip pembayaran kuliah, pastikan dikirim ke rekening IIUM yang khusus untuk biaya kuliah dengan jumlah sesuai dengan yang tertulis di offer letter.
  14. Selanjutnya, kita akan melanjutkan proses yang nanti dikordinir oleh pihak kampus.Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website IIUM http://www.iium.edu.my/

That's all, semoga bermanfaat~

{ 2 komentar... read them below or Comment }

  1. Terimakaasih infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. Numpang nanya, kalo LoA sama letter of Offer itu sama gak sih?

    BalasHapus

- Copyright © 2013 Shofia Shabrina -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -